- TES EVALUASI TAHAP II Kuis
Kerjakan soal berikut
Kerjakan soal berikut
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Program Studi/Jurusan : Teknik Industri
Mata Kuliah / Kode : Perancangan Sistem Informasi / TI 122 42 2
SKS/Semester : 2 (2x 50 menit) / 5
Dosen : Ahmad Muhsin, S.T., M.Eng.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini berisi wawasan mengenai konsep-konsep dasar perancangan sistem informasi terutama dalam melakukan manajemen perusahaan. Mata kuliah ini membuka wawasan mahasiswa terhadap menfaat teknologi informasi bagi manajemen perusahaan dan berbagai pihak yang terkait. Materi yang dibahas meliputi : (a) Informasi sebagai sumber daya; (b) Tingkatan sistem informasi; (c) Data dan pengolahan informasi; (d) Informasi untuk pengambilan keputusan; (e) Tahapan perancangan system informasi; (f) Pengelolaan sistem informasi manajemen.
Sistem Informasi memegang peranan penting bagi para manajer perusahaan/industri untuk pengambilan keputusan. Informasi yang berkualitas akan dapat menghasilkan keputusan yang berkualitas. Informasi tidak hanya sekedar data sebagai perangkat pembantu administrasi namun lebih dari itu merupakan komponen penting untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif diperlukan perusahaan untuk dapat memenangkan persaingan yang saat ini semakin bervariasi dan semakin tajam.
Sistem Informasi memegang peranan penting bagi para manajer perusahaan/industri untuk pengambilan keputusan. Informasi yang berkualitas akan dapat menghasilkan keputusan yang berkualitas. Informasi tidak hanya sekedar data sebagai perangkat pembantu administrasi namun lebih dari itu merupakan komponen penting untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif diperlukan perusahaan untuk dapat memenangkan persaingan yang saat ini semakin bervariasi dan semakin tajam.
Kompetensi Umum
Mahasiswa mengetahui peran penting sistem informasi serta mengenal tahapan dan infrastruktur yang dibutuhkan untuk melakukan perancangan sistem informasi dalam bidang manajemen perusahaan untuk membangun keunggulan kompetitif
Analisis Instruksional
Kompetensi umum dari mata kuliah ini dicapai melalui kompetensi-kompetensi khusus sebagai berikut :
Strategi Pembelajaran
Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, proses pembelajaran dalam mata kuliah menggunakan strategi pembelajaran yang meliputi : ceramah, diskusi, case based learning dan pembelajaran kolaboratif. Mata kuliah ini juga akan banyak memanfaatkan komputer untuk melakukan simulasi
Tugas
Agar mahasiswa lebih memahami materi pada mata kuliah ini, dosen akan memberikan tugas atau pekerjaan rumah yang harus dikerjakan sendiri dan kelompok seesuai dengan batas waktu yang ditetapkan.
Soal Ujian
Soal ujian terdiri atas beberapa bentuk soal yaitu : betul-salah, mengisi titik-titik, pilihan ganda, dan atau essay. Dosen berhak menggunakan bentuk soal yang mana saja sesuai keadaan
Materi
Referensi
Penilaian
Unsur |
Cara |
Bobot |
Skor Maksimal |
Prosentase |
Pemahaman |
Kuis dan tugas |
20 % |
100 |
20% |
UTS |
30 % |
100 |
30% |
|
UAS |
40 % |
100 |
40% |
|
Kehadiran |
Absensi |
10 % |
100 (jika kehadiran penuh) |
10% |
Inisiatif dan kreativitas |
Mampu menyampaikan pendapat terhadap persoalan yang disampaikan di kelas |
Saving point |
10 |
Ditambahkan pada nilai akhir |
Konversi total skor adalah sebagai berikut :
Nilai A : >= 81
Nilai B+ : 76 - 80
Nilai B : 66 – 75
Nilai C+ : 61 - 65
Nilai C : 51 - 64
Nilai D : 31 - 50
Nilai E : 0 - 30
Catatan :