• BAB I
    KISAH SUKSES PARA PERANCANG SISTEM INFORMASI

    1.1 Daftar orang kaya dunia

    Tahun 2010 ini forbes mencatat kembalinya beberapa milyarder muda di sektor teknologi informasi, dari beberapa nama yang tercatat adalah mereka yang sukses dan menjadi kaya dari bisnis online. Salah satu penentu kembalinya milyarder muda didorong oleh kenaikan saham sektor teknologi dan valuasi Facebook dan salesforce.com pada bursa private equity (PE) secondmarket yang memperkirakan valuasi perusahaan Facebook sebesar US$ 15 Milyar, sehingga berhasil menempatkan pemiliknya Mark Zuckerberg, Marc Benioff dan Peter Thiel kembali ke daftar milyarder versi Forbes. Mark Zuckerberg sendiri menempati urutan pertama sebagai milyarder muda terkaya di dunia tahun 2010 ini, dengan kekayaan bersihnya mencapai US$ 4 Milyar (40 Trilyun rupiah).

    Untuk kategori bisnis online urutan pertama milyarder terkaya didunia 2010 masih ditempati oleh pemilik Google Sergey Brin dan Larry Page yang masing-masing memiliki kekayaan bersih mencapai US$ 17.5 Milyar (175 Trilyun rupiah). Urutan kedua ditempati oleh Jeffrey Bezos pemilik situs Amazon.com dengan kekayaan bersih mencapai US$ 12.3  Milyar.

    Bagaimana dengan di Asia ?,  Yang paling fenomenal di tahun 2010 ini adalah Robin Li, dalam daftar 400 orang kaya di China yang dirilis pada Oktober 2010 kemarin, menempatkan Robin Li di urutan kedua dengan kekayaan bersih mencapai US$ 7.2 Milyar (72 Trilyun rupiah) atau mengalami kenaikan yang sangat signifikan dibandingkan tahun 2009 sebesar 143%. Kekayaannya melonjak tajam dikarenakan pertumbuhan pengguna internet di China yang tumbuh luar biasa pesatnya. Sebenarnya siapa sih Robin Li ? Dia adalah pendiri Baidu, search engine lokal China yang sampai detik ini sulit sekali ditandingi kehebatannya oleh Google di daratan China.

     1.2  Bill Gates

    Nama           : William Henry Gates III
    TTL              : Seattle, 28 Oktober 1955
    Alamat          : Amerika Serikat
    Pendidikan     : Harvard University (drop out)
    Kekayaan      : US $ 59 Milyar (2011)/ 590 Trilyun

    BIL GATES siapa yang tak kenal dengan nama itu orang yang menemukan dialah penemu sistem operasi windows walau pada pertama kalinya dia temukan dari garasi rumahnya dan kini menjadi perusahaan raksaksa dan bisa menempatkan dirinya sebagai orang terkaya di dunia hingga saat ini.microsoft adalah perusahaan yang kini menekuni pengembangan sistem operasi berbasis windows.dia sangat jeli sekali melihat peluang dari kebutuhan akan teknologi di era informasi digital yang sangat di butuhkan untuk keperluan berbagai macam kegiatan dari usaha hingga level rumahan kini pasti membutuhkan akan sistem operasi ini untuk para pengguna komputer sejak awal kemunculannya windows menjadi fenomena hingga saat ini dari jutaan komputer yang ada di dunia ini hampir delapan puluh persennya menggunakan sistem operasi windows luar biasa begitu fenomena.walau saat ini sudah banyak sistem operasi lain yang bermunculan windows masih menjadi favorit dari sekian banyak pengguna komputer di dunia.dan seiring perkembangan jaman saat ini komputer di generasi ke-5 (era mobile) windows pun tidak ketinggalan meluncurkan windows mobile wajar kalau BIL GATES menjadi orang paling sukses di dunia pengembangan sistem operasi.

    Bill Gates sering menempati posisi pertama dalam orang terkaya di dunia, Bill Gates merupakan tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis, serta mantan CEO Microsoft asal Amerika Serikat.Saat ini Gates menjabat sebagai ketua direksi Microsoft.Pria yang lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955 ini telah menjadi orang terkaya dunia di posisi nomor satu sejak 1995 hingga 2009 (kecuali tahun 2008, di posisi tiga). Tahun 2013 ini kekayaan Bill Gates mencapai 67 miliar dollar AS (670 Trilyun rupiah), kembali naik dari tahun 2011 yaitu 56 miliar dollar AS dan tahun 2012 sebesar 61 miliar dollar AS.

    William Henry Gates III atau lebih dikenal dengan nama Bill Gates dilahirkan pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Bill Gates adalah adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya William Henry Gates adalah seorang pengacara perusahaan yang punya banyak relasi di kota. Sedangkan ibunya Mary Maxwell seorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way.
    Bill seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah.Ketika dia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki.Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu.

    Dia dengan cepat menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman komputer, dan bersama dengan para hacker yang belajar sendiri di Lakeside, dia melewatkan waktu ber-jam-jam menulis program, melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer. “Dia adalah seorang eksentrik,” sebagaimana salah seorang guru memberikan Gates julukan itu.Bill Gates menempuh kuliah di Harvard University di Cambridge mulai tahun 1975. Di sana ia bertemu dengan Paul Allen sewaktu sekolah bersama-sama. Bersama Paul Allen, Bill Gates terus mengembangkan talentanya di bidang pemograman komputer. Namun, Bill gates memutuskan keluar (drop out) untuk menyumbangkan wakunya ke Microsoft.

    Latar Belakang Pekerjaan.

    Melalui usaha kerasnya, perusahaan yang ia dirikan yang bernama Microsoft Corporation menjadi sukses dan Bill Gates melambung menjadi seorang jutawan. Di tahun 1990 Bill Gates sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia.Namun, Bill Gates juga mendapat reputasi yang tidak baik dalam karirnya.Tidak hanya satu kali, bahkan Bill Gates melakukan beberapa kali kesalahan dalam bisnis perangkat lunaknya.Di tahun 1990 Bill Gates mendapat tuntutan dari Departemen Keadilan Amerika Serikat dengan dakwaan Gates telah melakukan monopoli terhadap perusahaan-perusahaan kecil.Dan sekali lagi Bill Gates tersandung oleh hukum undang-undang bisnis Amerika Serikat pada tahun 1999. Pada tahun 2000, Bill gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Pegawai Eksekutif dan ia memilih kembali ke profesi lamanya yang ia cintai yaitu Kepala Penelitian dan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaanya sendiri, Microsoft Corp. Dan pada awal tahun 2008, Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri dari manajemen Microsoft dan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan sosial yang didirikannya, yaitu Bill & Melinda Gates Foundation.

    Kehidupan Pribadi.

    Dalam kehidupan peribadinya, Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994. Mereka mempunyai tiga orang anak, Jennifer Katherine Gates (1996), Rory John Gates (1999) dan Phoebe Adele gates (2002). Dengan istrinya, Bill Gates telah mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, yang merupakan sebuah Yayasan Sosial yang memperhatikan pederita AIDS, beasiswa bagi universitas-universitas dan kepedulian pada dunia ketiga. Para kritikus mengatakan ini merupakan pembuktian terhadap kemarahan banyak orang tentang praktik monopoli, adikuasa perusahaannya dan beberapa kejahatan yang telah ia lakukan, tetapi beberapa orang yang dekat dengan Bill Gates berkata bahwa ia memang telah lama berencana untuk menyumbangkan sebagian besar hartanya. Di tahun 1999 koran Washington Post memberitakan bahwa “Gates telah menyatakan bahwa dia memutuskan untuk menyumbangkan $5 milyar kepada organisasi mereka. Hal itu tentu tidak mengherankan karena menurut survei Majalah Forbes, Bill Gates selalu menjadi orang terkaya di dunia berturut-turut selama tahun 1996 – 2004 dengan jumlah $ 90 Milyar.Dengan perjuangan dan tekad yang keras kini Bill Gates telah menggapai cita-citanya. Untuk mencapai kesuksesan memang diperlukan pengorbanan dan perjuangan yang berat, namun usaha keras dan sikap pantang menyerah Bill Gates telah membuahkan hasil yang dapat ia nikmati saat ini.

    William Henry Gates III (lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955; umur 54 tahun), lebih dikenal sebagai Bill Gates, adalah pendiri dan ketua umum perusahaan perangkat lunak AS, Microsoft.Bill Gates anak kedua dari tiga bersaudara dilahirkan dari pasangan William Henry Gates, Sr., seorang pengacara, dan Mary Maxwell, pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell, dan anggota Tingkat Nasional United Way.
    Gates belajar di Lakeside School, sekolah elit yang paling unggul di Seattle, dan meneruskan berkuliah di Universitas Harvard, tetapi di-drop out, hebat, anak Drop Out kelak akhirnya bisa kaya.

    Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu.Mesin ini, yang disebut ASR-33, keadaannya masih pasaran.Pada intinya ini sebuah mesin ketik yang selanjutnya siswa bisa memasukkan perintah yang dikirimkan kepada komputer.

    Sekitar tahun 1975 ketika Gates bersama Paul Allen sewaktu masih sekolah bersama-sama menyiapkan program software pertama untuk mikro komputer. Seperti cerita di Popular Electronics mengenai “era komputer di rumah-rumah” dan mereka berdua yakin software adalah masa depan. Inilah awal Microsoft.

    Semasa ia belajar di Harvard, ia dan Paul Allen menulis perangkat lunak Altair BASIC untuk Altair 8800 dalam dasawarsa 1970. Altair merupakan komputer pribadi pertama yang sukses.Diberi inspirasi oleh BASIC, sebuah bahasa komputer yang mudah dipelajari dan ditulis di kolese Dartmouth untuk mengajar, versi Gates dan Allen kemudian menjadi Microsoft BASIC, bahasa komputer terjemahan yang utama untuk sistem operasi komputer MS-DOS, yang menjadi kunci pada kesuksesan Microsoft.

    Dalam kehidupan pribadinya, Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994.Mereka mempunyai tiga orang anak, Jennifer Katharine Gates (1996), Rory John Gates (1999) and Phoebe Adele Gates (2002).Pada tahun 2005, Gates menerima penghargaan kesatriaan (Knight Commander of the Order of the British Empire), sebuah kehormatan dari Ratu Elizabeth II.

    Sebagian kekayaan Bill Gates

    Deskripsi kekayaan Bill Gates.

    1. Sejak Microsoft berdiri tahun 1975, dengan asumsi Bill Gates bekerja 14 jam tiap hari kerja, maka pendapatannya ialah USD $ 300 setiap DETIKNYA !!!
      Pendapatannya dalam Rupiah ialah : 1 detik = 2,5 juta ; 1 menit = 153 juta ; 1 jam = 9,1 milyar ; 1 hari = 220 milyar ; 1 minggu = 1,54 triliun ; 1 bulan = 6,1 triliun ; 1 tahun = 74 triliun.
    2. Dengan tingkat suku bunga bank sekitar 5 % per tahun, maka Bill Gates akan mendapat bunga 300 milyar tiap bulannya ( mungkin hanya dipotong biaya admin sekitar Rp. 5.000 tentunya).
    3. Dengan perhitungan diatas, maka Bill Gates hanya butuh waktu kurang dari 1 detik untuk membeli sebuah Xbox atau PS2, atau sekitar 3 detik, maka ia akan mendapat Xbox, PS2, Gamecube lengkap dengan Televisinya !!!!
      Untuk memboyong sebuah mobil Toyota Kijang, dia hanya butuh waktu 80 detik.
      Mungkin dia bisa berbasa-basi ngobrol dengan SPG-nya selama 80 detik sambil menunggu penghasilannya mencapai 200 juta rupiah.
    4. Tiket pesawat Boeing 747-400 sekitar USD $ 1,200 ( sekitar Rp. 10 juta), Bill Gates mampu membeli 261 PESAWATNYA, bukan TIKETNYA !!!
    5. Jika Bill Gates pergi ke game center dengan tarif sektiar 5.000 / jam, maka dengan seluruh uangnya dapat bermain selama kurang lebih 77.625 abad. Wuiich !!!!
    6. Jika harga majalah GameStation sekitar Rp. 20.000, maka Bill mampu beli sebanyak 17 milyar examplar. (kantornya penerbitnya mungkin terbeli juga kali ya?!)
      Harga ini juga relatif sama dengan harga CD bajakan, jadi Bill bisa membeli 17 milyar keping CD Bajakan.
    7. Bill dapat membeli 133 milyar Windows XP Professional yang harganya USD $ 300.
    8. Pesawat ulang alik NASA kurang lebih seharga 1,7 milyar dollar (Rp. 14,5 triliun). Bill Gates bisa membeli 23 unit dan masih menyisahkan Rp. 7,6 triliun.
    9. Film TITANIC menelan biaya 200 juta dolar, Bill Gates mampu membuatnya 200 kali !!!
    10. Dengan menggunakan uang pecahan USD $ 5, kekayaan Bill Gates bisa menutupi Manhattan, New York.
    11. Bila menggunakan uang pecahan USD $ 1 , dengan uang sebanyak itu, Bill Gates bisa menyambung lembaran uang tersebut sepanjang 8 kali jarak bumi ke bulan. Kalau dengan uang pecahan Rp. 1.000, maka bisa sepanjang 68 kali jarak bumi ke bulan.
    12. Jumlah penduduk bumi tahun 2010 ialah 6,280,902,951 jiwa. Bill Gates bisa memberi kurang lebih Rp. 54.000 untuk tiap orang dan masih menyisahkan Rp. 831 milyar untuk dirinya sendiri dan keluarganya.
    13. Roman Abramovic, raja minyak Rusia yang membeli Chelsea, memiliki kekayaan sekitar 5,7 milyar dolar ( sekitar Rp. 48,5 triliun). Kekayaan Bill Gates kurang lebih 7 kali kekayaan Roman.
    14. Jadi jika Bill membeli sebuah klub bola, dia bisa belanja 7 kali lebih banyak dari Roman. Analoginya jika Chelsea belanja 100 juta dolar untuk beli pemain, maka klub yang dibeli Bill Gates akan belanja 700 juta dolar, cukup untuk membuat klub yang pemainnya SEMUANYA sekelas Cristiano Ronaldo, Benzema, Drogba, Rooney, dan masih banyak lagi !!!
    15. Michael Jordan adalah atlit yang dibayar paling mahal di Amerika. Jika dia tidak makan dan minum dan tetap membiarkan penghasilannya utuh dalam setahun adalah sejumlah USD $ 30 juta, dia tetap harus menunggu sampai 277 tahun agar bisa sekaya Bill Gates sekarang.

    Rumah Bill Gates di Seattle, dibangun diatas tanah 5 hektar dan menelan biaya USD $53 juta. Dalam rumah tersebut terdapat 7 kamar tidur, 24 kamar mandi dengan 10 diantaranya sangat mewah, 6 dapur, 6 perapian, bioskop, perpustakaan, ruang bermain keluarga, fasilitas kesehatan yang lebih bagus daripada yang biasa terdapat di gymnastic club. Ruang bioskop sebesar 1500 sq feet dengan 20 tempat duduk dan mesin popcorn.Kolam renang indoor yang dilengkapi dengan underwater music system.Rumah tersebut tentunya dilengkapi dengan komputerisasi yang amat canggih, banyak kabel fiber optik bertebaran disana.

    Rahasia sukses Bill Gates

    Bill Gates menjadi orang sekaya itu bukanlah tanpa usaha, mungkin kita bisa berkata,… wah !! dia sungguh beruntung, kebiasaan kita ialah jika melihat orang lain kaya, kita hanya memikirkan kekayaannya saja, tidak pernah memikirkan bagaimana usahanya.
    Bill Gates hanya tidur 8 jam dalam seminggu saat ia mengembangkan Windows untuk pertama kalinya. Usaha dan kerja kerasnyalah yang menyebabkan dia menjadi sangat berkecukupan, bukanlah keberuntungan semata.Semoga bisa menjadi motivasi para sobat semua untuk lebih baik lagi dari sekarang.

    1.3  Larry page dan Sergey Brin

    Nama           : Larry page
    TTL              : Michigan, 26 Maret 1973
    Alamat          : Amerika Serikat
    Pendidikan     : Stanford University, Bachelor of arts/ science
    Kekakayaan   : US $ 17.5 miliar (2010)/ 175 Trilyun rupiah
    Moto            : We have a mantra : don’t be evil, melakukan hal-hal terbaik bagi pengguna, bagi pelanggan, bagi semua orang, itu akan menjadi hal yang menakjubkan.

    Nama           : Sergey Brin
    TTL              : Rusia, 21 Agustus 1973
    Pendidikan     : Stanford University, Bachelor of arts/ science
    Alamat          : Amerika Serikat
    Kekayaan      : US $ 17.5 Miliar (2010)/ 175 Trilyun rupiah
    Motto           : Anda tidak perlu memiliki seratus perusahaan untuk mengembangkan ide

    Google mendapat $ 29 Miliarhanyapada tahun 2010 itu berkat kita yang menggunakan layanan mereka.Google menawarkan banyak layanan. Tapi 95% dari pendapatannya ($ 27.550.000.000) berasal dari hanya SATU layanan saja: mesin pencari milik mereka yang terkenal, Google Search. Setiap user yang menggunakan Google Search membuat Google mendapatkan sekitar 1 $ / hari. Bayangkan jika Anda mendapatkan hanya 0.001% dari penghasilan Google Search: $ 275.000/Tahun (sekitar $ 23.000/bulan).

    Google ialah mesin pencari paling terkemuka di dunia.Google dikunjungi lebih dari 300 juta orang per hari.Diterjemahkan dalam 88 bahasa dengan nilai saham mencapai lebih dari 500 dolas AS per lembar.Ialah orang yang masih tergolong cukup mudah 30-an, namun kekayaannya mencapai milyaran dolar.Nama kedua orang itu ialah Larry Page dan Sergey Brin.Mereka adalah pendiri google, situs pencari paling terkenal saat ini.Ayah Sergey adalah doktor matematika, sedangkan Larry dalah putra almarhum doktor komputer pertama di Amerika.

    Terlepas dari kekayaan meraka, ada beberapa hal yang patut dicontoh dari kesuksesan mereka. Menurut Sergey Brin, yang menjabat sebagai presiden Teknoliogi google. Kunci utama dalam menjalankan bisnis ialah kekuatan dari kesederhanaan.Menurutnya simplecity web adalah hal yang disukai para penjelajah internet.Dan, google berhasil karena menggunakan filosofi tersebut, menghadirkan web yang bukan saja memudahkan untuk mencari informasi, namun juga mneyenangkan orang.

    Kunci sukses mereka yang kedua ialah integritas mereka dalam mewujudkan apa yang mereka yakini benar. Mereka rela drop out dari program doktor mereka di Stanford University untuk mengembangkan google. Pada awalnya mereka tidak berniat mencari keuntungan dari proyek tersebut.Malah, mereka berangkat dari sebuah ide sederhana, yaitu bagaimana membantu banyak orang untuk mempermudah mencari informasi dan data di dunia maya. Mereka meyakini, ide mereka akan sangat berguna bagi banyak orang untuk mempermudah mencari informasi data apa saja di internet.

    Kunci sukses lainnya yaitu tidak melupakan jasa orang-orang yang mendukung kesuksesan mereka. Larry dan Segrey sangat memperhatikan kesejahteraan SDM di Gooleplex (kantor google). Gooleplex dinobatkan sebagai tempat bekerja terbaik di Amerika tahun 2007 oleh majalah fortune. Di sana suasananya sangat kekeluargaan, ada makanan gratis tiga kali sehari, ada tempat perawatan bagi bayi ibu muda, bahkan sampai kursi pijat elktronik pun tersedia. Mereka sadar, di balik sukses inovasi yang dilakukan google, ada banyak doktor matematika dan lulusan terbaik dari berbagai universitas yang membantu mereka.

    Kunci sukses Semangat kerja keras dan pantang menyerah

    Pada awal mula Google berdiri, Larry dan Sergey harus mengumpulkan komputer-komputer bekas untuk memenuhi kebutuhan server mereka.Mereka rela bekerja di garasi yang mereka sewa dan bekerja disana siang dan malam.Ketika mesin pencari yang mereka berhasil dan sukses dibandingkan dengan saingan mereka, tidak serta merta kesuksesan financial ada pada pihak mereka.Pada mulanya Google pernah ditawarkan ke Altavista seharga satu juta dollar tetapi ditolak.Dan pernah juga ditawarkan ke Yahoo tetapi ditolak juga, padahal sekarang Google adalah penyuplai data terbesar ke Yahoo untuk menyediakan data kedalam mesin pencarian mereka.Juga ketika mereka sudah mendapatkan modal tidak serta merta Google langsung mendapatkan keuntungan.Lebih dari 1 tahun google tidak menghasilkan apa-apa.Baru seteleh ditemukannya system periklanan baru dalam mesin pencarian mereka, Google mulai menghasilkan banyak uang ke pundi-pundi mereka.

    Kunci sukses Kumpulkan pengguna baru kumpulkan uang

    Ini menurut saya adalah strategi yang paling bagus yang mereka ambil.Google tidak pernah memungut biaya untuk menggunakan mesin pencari mereka.Mereka bebas memakainya. Seperti teleivisi dan radio,semua bebas menikmatinya. Semakin banyak penggunanya semakin banyak pula pemasang iklan yang akan meminatinya, dan inilah yang telah dilkukan Google. Tidak seperti vendor-vendor lainnya yang mengharuskan membayar sekian dollar untuk produk-produk mereka ,tetapi Google mengratiskannya. Seperti Google Destop dan Google Earth yang bebas untuk dipakai oleh siapa saja.

    Kunci cukses inovasi tiada henti

    Google adalah tempat para pakar memikirkan bagaimana memecahkan masalah terlebih dahulu baru kemudian memikirkan produk.Baru setelah produk jadi mereka boleh bingung bagaimana menjual produk mereka.

    Sebuah niat mulia dan berangkat dari apa yang mereka yakini, meski sesederhana apa pun, jika dilandasi jika dilandasi kerja keras dan integritas tinggi, maka ia akan menghasilkan sesuatu yang istemewa dan bermanfaat. Google yang mereka dirikan terbukti telah membantu banyak orang untuk mendapatkan apa saja dari internet. Kini, mereka pun mendapat imbalan yang terus mengalir, meski mereka tidak melakukan apa-apa. Kesuksesan sejati memang akan terasa saat kita berbagi.

    Dalam sejarah penemuan kapitalis yang kaya raya, Thomas A. Edison membutuhkan waktu seperampat abad untuk menemukan bola lampu, Alexander Graham Bell memerlukan waktu bertahun-tahun untuk mengembaangkan telepon. Henry Ford memerlukan waktu 10 tahun lebih untuk menemukan methode perakitan mobil sehingga bias dijual secara masssal,Thomas Jr harus bekerja keras juga bertahun-tahun supaya IBM dapat meluncurkan computer modern, tetapi Google hanya memerlukan waktu 5 tahun

    1.4.  Jerry Yang

    Nama           : Jerry Yang
    TTL              : Taiwan, 6 November 1968
    Alamat          : Amerika Serikat
    Pendidikan     : Stanford University, Bachelor of arts/ science
    Kekayaan      : US $ 1.3 m (2010)/ 130 Trilyun
    Motto           : Selalu mungkin untuk memiliki perusahaan besar jika anda memiliki ide – ide bessar

     

    Jerry Yang lahir di Taiwan pada tahun 1968. Ayahnya meninggal ketika ia masih balita. Ibunya adalah seorang Profesor Bidang bahasa Inggris, mereka pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1978.Ketika mereka tiba di Amerika, satu-satunya kata bahasa Inggris yang diketahui oleh Yang dan adiknya adalah “Shoe” (sepatu).Keluarga ini akhirnya menetap di San Jose.

    Pendidikan Jerry Yang

    Jerry Yang mendapatkan gelar sarjana dan gelar master di bidang teknik listrik di Stanford dalam empat tahun. Selama kuliah, dia bekerja bekerja paruh-waktu untuk membiayai kuliahnya .Jerry Yang tetap menetap di Stanford meneruskan studinya untuk meraih gelar doktor.Tetapi karena asyik dengan bisnis Yahoo! nya maka studi doktoralnya tidak pernah selesai.

    Jerry Yang & David Filo mendirikan Yahoo!

    Jerry Yang Bersama dengan sahabatnya David Filo , pada tahun 1990 adalah mahasiswa program doktor di Stanford University. Mereka lebih menyukai kegiatan surfing di Internet, daripada aktifitas dan penelitian program doktor yang mereka tempuh.Mereka mulai mengumpulkan link situs-situs yang menarik.Tidak membutuhkan waktu lama, mereka telah mengkompilasi bookmark list yang besar.List tersebut kemudian di buat kategori dan sub kategori yang bersifat hirarki.Kemudian mereka memiliki ide untuk memasukannya di web melalui sebuah program database untuk menanganinya, sehingga dapat diakses secara online.Awalnya, yang mengakses ke direktori Yahoo! hanya Yang, Filo, dan beberapa teman dekat mereka di Stanford University.Namun, dari obrolan mulut ke mulut, orang mengakses ke Yahoo! menjadi semakin banyak.Mengetahui bahwa orang yang mengakses ke Yahoo! menjadi sangat banyak, mereka akhirnya menjadikan Yahoo! sebagai bisnis.

    Yahoo.com bermain di area web portal,web search engine,mail dan news. Inilah peristiwa bersejarah yang mengawali lahirlah perusahaan besar bernama Yahoo!.Yahoo merupakan singkatan dari Yet another Hierarchical Officious Oracle. Mereka menggunakan nama yahoo karena terinspirasi dari buku karangan Jonathan Swift yang berjudul Gulliver’s Travel. Beberapa waktu kemudian ada perusahaan saus barbeque yang bernama EBSCO industries yang mengklaim bahwa nama yahoo telah terlebih dahulu dipatenkan sebagai merk dagang mereka. Sehingga,untuk membedakannya, Yang dan Filo menambahkan tanda seru (!) dibelakang yahoo. Jadi itulah mengapa kita menemukan tanda seru tersebut di setiap kata yahoo dalam website mereka.

    Bisnis Yahoo!

    Pada bulan Maret 1995, Yahoo pun mengadakan kerja sama bisnis dengan para Pemilik lembaga modal Ventura Silicon Valley. Kemudian, mereka pun menjalin kerja sama dengan Sequa Capital, sebuah perusahaan yang mempunyai reputasi dalam bidang investasi termasuk Apple Komputer, Atari, Oracle, dan Cisco Systems. Mereka setuju untuk mendanai Yahoo dengan investasi awal mendekati $2 juta. Karena realisasi perusahaan baru mereka mempunyai pertumbuhan potensial yang cepat, Jerry Yang dan David mulai membangun sebuah tim manajemen. Mereka merekrut seorang veteran Motorola dan alumni jurusan Teknik Stanford bernama Tim Koogle sebagai chief executive officer dan Jeffry Mallet seorang Pendiri Novell’s Divisi konsumen WordPerpectm sebagai chief operating officer. Mereka berhasil menyelamatkan perputaran pendanaan yang kedua pada tahun 1995 dari investor Reuters Ltd. dan Softbank. Yahoo! sangat sukses diluncurkan secara go public pada bulan April 1996 dengan jumlah total karyawan 49 orang. Saat ini, Yahoo! Inc. telah menjadi pemimpin komunikasi global lewat internet, komersil, dan perusahaan media yang telah menjadi brand jasa jaringan lebih dari 232 juta individu setiap bulannya di dunia maya. Situs yahoo ini telah menarik pengunjung 1,5 triliun selama tahun 2007 kemarin,atau 3,4 milyar pengunjung seharinya. Sebagai navigasi pertama secara online yang memandu dalam web, www.yahoo.com adalah pemimpin pemandu konteks lalu lintas, periklanan, keperluan rumah tangga, dan jangkauan pengguna bisnis.Yahoo! adalah brand internet global pertama yang menjangkau pemirsa paling besar dalam dunia maya.Perusahaan membangun pula bisnis online dengan perusahaan jasa yang mendesain produktivitas dan web untuk klien-kliennya.Jasa mendesain termasuk dalam kerjasama. Yahoo!, sebuah kustomisasi solusi untuk perusahaan ; audio dan video streaming ; toko hosting dan manajemen ; dan jasa serta perlengkapan website. Jaringan perusahaan web global termasuk dalam 25 world properties. Dengan kantor pusat di Sunnyvale, California, Yahoo! pun telah mempunyai kantor di Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.

    Kekayaan Jerry Yang

    Menurut Fortune.com, kekayaan pria dengan nama asli Yang Chih-Yuan ini pada tahun 2000 sekitar 5,85 miliar dolar AS. Rumah tinggalnya dibeli seharga 1,9 juta dolar AS, terletak di Los Altos, kawasan barat San Jose dengan lima kamar tidur dan pemandangan ke arah Teluk San Fransisco. Meski demikian, ia tak lupa pada almamaternya. Bersama David Filo, ia menyumbang 2 juta dolar AS untuk almamaternya tersebut.

Abaikan Cari forum

Cari forum

Cari
Pencarian LanjutanBantuan dengan Cari
Abaikan Upcoming events

Upcoming events

Tidak ada agenda mendatang
Abaikan Aktifitas lalu

Aktifitas lalu

Aktivitas sejak Monday, 6 May 2024, 23:46

Tidak ada yang baru sejak Anda terakhir login

Abaikan Navigasi

Navigasi

Online: 0 Messages: 0
Anda sedang menggunakan akses tamu (Login)