Program Studi/Jurusan : Agroteknologi
Mata Kuliah/Kode : Teknologi Benih / 134151382
SKS/Semester : 2 (2 x 50 menit)/ V (lima)
Mata Kuliah Prasyarat/Kode : -
Dosen : 1. Ir. Ami Suryawati, M.P.
2. Dr. Ir. Sumarwoto PS, M.P.
3. Ir. Nurngaini, M.P.
4. Ir.Tutut WIrawati, M.P.
Mata kuliah ini membahas tentang konsepsi benih, peran teknologi benih bagi petani dan pemulia tanaman, perkecambahan, viabilitas, vigor, dan dormansi, cara memproduksi benih, sertifikasi dan pengujian benih, deteriorasi, penyimpanan benih, invigorasi benih, serta permasalahan agribisnis benih.
Mahasiswa dapat memahami tentang benih, cara memproduksi, menguji, dan menyimpan benih bermutu tinggi, serta cara mengatasi permasalahan dalam agribisnis benih.
|
|||||||||||||
|
|||||||||||||
|
|||||||||||||
|
|||||||||||||
|
IV. Strategi Pembelajaran
Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, digunakan strategi perkuliahan dengan ceramah, tatap muka dan diskusi kelompok berpusat pada mahasiswa (student center learning) dengan berbagai metode pembelajaran, seperti case base learning, collaborative base learning, dan disertai dengan tugas mandiri.
V. Rencana Pembelajaran Mingguan
Pertemuan ke |
Kompetensi |
Bahasan atau Sub Pokok Bahasan |
Metode Pembelajaran |
Media Pembelajaran |
Metode evaluasi |
Referensi |
Soal |
|
Hard Skill |
Soft Skill |
|||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
1. |
1. Menjelaskan peranan biji dalam kehidupan manusia, konsepsi benih, dan teknologi benih bagi petani dan pemulia tanaman serta menjelaskan teori kesejajaran
|
|
1.Ruang lingkup (kontrak) perkuliahan 2.Pentingnya biji dalam kehidupan, dan Konsepsi Benih |
Ceramah dan diskusi |
OHP, papan tulis dan transparansi disertai dengan menunjukkan buku-buku acuan yang digunakan |
Pertanya-an lisan dan berdialog |
A.1 ; A 2 ; B.3 ; B.4 ; B.5.
|
1a.Jelaskan peranan biji dalam kehidupan manusia 1bJelaskan pengertian tentang benih, ditinjau dari berbagai kosep dasar ! Konsep mana yang merupakan pengertian benih yang paling luas ? Jelaskan, alasannya!
|
2. |
1. Peran teknologi benih bagi petani dan pemulia tanaman 2. Teori kesejajaran |
Ceramah & diskusi
|
OHP, papan tu-lis dan transpa-ransi disertai de-ngan menunjuk-kan contoh-2 kongkrit materi yang dijelaskan |
Pertanya-an lisan dan berdialog |
A.1 ; A.2 B,3
|
2a.Apa peranan teknologi benih dalam kehidupan pemulia tanaman (Plant Breeder) dengan petani (Farmer). Jelaskan, disertai gambar dan kegiatan yang ada di dalamnya ! 2b.Pada Teori kesejajaran dalam matrik terdapat korelasi penting. Jelaskan antara apa dengan apa saja !
|
||
3. |
2.Menjelaskan tentang pengertian dan faktor-faktor penting yang mempengaruhi perkecambahan, viabilitas, dan vigor .
|
|
|
Ceramah & diskusi metode SCL dengan Colaboratif Base Learning |
OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)
|
Pertanya-an lisan dan berdialog, serta memberi tugas |
A.1 ; A.2
|
3a.Jelaskan pentingnya oksigen dan suhu bagi perkecambahan benih. |
Perte-muan ke |
Kompetensi |
Bahasan atau Sub Pokok Bahasan |
Metode Pembelajaran |
Media Pembelajaran |
Metode evaluasi |
Referensi |
Soal |
|
Hard Skill |
Soft Skill |
|||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
4. |
|
|
1. Proses perkecambahan secara morfologis dan fisiologis 2. Viabilitas dan vigor 3. Faktor-faktor yang mempengaruhi viabilitas dan vigor. |
Ceramah & diskusi metode SCL dengan Case Base Learning
|
OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)
|
Pertanya-an lisan dan kuis, serta persentasi tugas
|
A.2 ; B.1 B.3
|
3b.Dalam proses perkecambahan fisiologis dan morfologis, jelaskan tahapan-tahapan yang dilalui, dan sebutkan enzim-enzim yang berperanan dalam perkecambahan fisiologis ini! 3c. Apa perbedaan vigor dan viabilitas berikan contoh ujinya
|
5. |
3. Menjelaskan tentang substrata perkecambahan dan dormansi. |
|
1. Macam substrata perkecambahan 2. Dormansi (keuntungan dan kerugian) dan cara pematahan dormansi benih |
Ceramah & diskusi metode SCL dengan Case Base Learning
|
OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)
|
Pertanya-an lisan dan berdialog serta persentasi tugas |
A.1 ; A.2 A.3 |
4. Jelaskan perbedaan istilah-istilah dalam teknologi benih di bawah ini : a.substratum uniform dan substratum ununiform disertai contohnya b.dormansi fisik dan dormansi fisiologis disertai contohnya c.skarifikasi dan stratifikasi disertai contoh
|
6. |
4. Menjelaskan cara memproduksi benih |
|
1. Arti penting Produksi benih |
Ceramah & diskusi metode SCL dengan Colaboratif Base Learning |
OHP dengan transparansi atau Power point (LCD) |
Pertanya-an lisan dan berdialog, serta tugas |
A.3 ; B.3
|
5a.Faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam memproduksi benih |
7. |
|
2. Cara memproduksi benih hibrida dan non hibrida
|
Ceramah & diskusi metode SCL dengan Case Base Learning
|
OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)
|
Pertanya-an lisan, berdialog dan penye-rahan serta membahas tugas. |
A.3 ; B.3
|
5b.Jelaskan perbedaan cara memproduksi benih hibrida dan non hibrida |
Pertemuan ke |
Kompetensi |
Bahasan atau Sub Pokok Bahasan |
Metode Pembelajaran |
Media Pembelajaran |
Metode evaluasi |
Referensi |
Soal |
|
Hard Skill |
Soft Skill |
|||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
8. |
Ujian Tengah Semester |
|
|
Pertanyaan Tertulis
|
Alat Tulis, |
Pertanyaan tertulis |
|
|
9. |
5.Mampu melakukan sertifikasi dan pengujian benih.
|
|
1. Arti penting Sertifikasi benih 2. Cara dan proses sertifikasi
|
Ceramah & diskusi metode SCL dengan Colaboratif Base Learning |
OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)
|
Pertanya-an lisan dan berdialog
|
A.2 ; B.1
|
1.a.Apa yang dimaksud dengan sertifikasi benih, sebutkan tujuan dan manfaat sertifikasi benih |
10. |
3. Pengujian lapangan dan laboratorium |
Ceramah & diskusi metode SCL dengan Case Base Learning |
OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)
|
Pertanya-an lisan dan berdialog
|
A.2 ; A.3
|
1b. Jelaskan pengujian lapangan dan laboratorium dalam proses sertifikasi benih. |
||
11. |
6.Mampu menilai kemunduran benih, dan membedakan karakteristik dan cara penyimpanan benih
|
|
1. Kemunduran benih
|
Ceramah & diskusi metode SCL dengan Case Base Learning |
OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)
|
Berdialog dengan produsen benih (di lapangan) |
A.1 ; A.3
|
2a. Jelaskan arti istilah kemunduran benih ; apa saja perubahan biokimiawi pada benih yang mengalami kemunduran. |
12. |
2. Karakteristik benih 3. Penyimpanan benih
|
Ceramah & diskusi metode SCL dengan Case Base Learning |
OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)
|
Pertanyaan lisan dan berdialog
|
A.3
|
2b.Jelaskan perbedaan benih orthodox dan rekalsitran, berikan contohnya, bagaimana cara menyimpan kedua jenis benih tersebut. |
Pertemuan ke |
Kompetensi |
Bahasan atau Sub Pokok Bahasan |
Metode Pembelajaran |
Media Pembelajaran |
Metode evaluasi |
Referensi |
Soal |
|
Hard Skill |
Soft Skill |
|||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
13. |
7.Mampu melakukan cara invigorasi benih |
|
1. Arti penting Invigorasi benih 2. Cara dan jenis invigorasi benih
|
Ceramah & diskusi metode SCL dengan Case Base Learning |
OHP dengan transparansi atau Power point (LCD) |
Aktivitas dan mutu dalam berdiskusi |
A.1 |
3.Apa yang dimaksud dengan invigorasi benih, uraikan secara singkat jenis invigorasi yang anda ketahui. |
14. |
8.Mampu menjelaskan dan mengatasi permasalahan agribisnis benih. |
|
1. Masalah dalam bisnis perbenihan
|
Ceramah & diskusi metode SCL dengan Colaborative Base Learning |
OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)
|
Aktivitas dan mutu dalam berdiskusi |
B.3 |
4.Sebutkan permasalahan yang sering dialami para produsen benih padi, bagaimana cara mengatasinya. |
15. |
1.Cara dan kiat mengatasi permasalahan agribisnis benih |
Ceramah & diskusi metode SCL dengan Case Base Learning |
OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)
|
Aktivitas dan mutu dalam berdiskusi |
Jurnal (”tentatif”) |
|
||
16. |
UJIAN AKHIR SEMESTER |
|
|
Pertanyaan Tertulis |
Alat Tulis, kalkulator |
Pertanya-an tertulis |
|
|
VI. Sumber Referensi
VII. Penilaian
Evaluasi hasil pembelajaran dilakukan dengan cara menjumlahkan skor (total skor) dikalikan dengan bobot masing-masing, dengan menggunakan modifikasi pedoman penilaian acuan normal (PAN) dan pedoman acuan patokan (PAP).
Komponen unsur yang dinilai, cara, skoring dan prosentase penyebarannya adalah sebagai berikut :
Unsur |
Cara |
Bobot |
Skor maksimal |
Prosen-tase |
Pengetahuan/Pemahaman/Kreativitas |
Kuis & Tugas |
0,30 |
100 |
30% |
Ujian Tengah Semester |
0,35 |
100 |
35% |
|
Ujian Akhir Semester |
0,35 |
100 |
35% |
|
Kreativitas dan pemahaman |
Menyampaikan pendapat terhadap persoalan yang diberikan di kelas |
Bonus |
|
Ditambah-kan pada nilai akhir |
Kedisiplinan dan kejujuran |
Keterlambatan dalam kehadiran di kelas Kecurangan dalam me-ngerjakan tugas, tes dan/atau ujian |
Penalti |
|
Dikurang-kan dari nilai akhir |
Catatan : komponen UTS dan UAS harus ada
Pedoman penilaian dengan menggunakan Penilaian Acuan Patokan (PAP)
A |
81 - 100 |
B+ |
76 - 80 |
B |
66 - 75 |
C+ |
61 - 65 |
C |
51 - 60 |
D |
31 - 50 |
E |
≤ 30 |
1. Ir. Ami Suryawati, M.P. (Ketua Tim Teaching) …………..............
2. Dr. Ir. Sumarwoto PS, M.P. (Anggota) …………..............
3. Ir. Nurngaini, M.P. (Anggota) …………..............
4. Ir.Tutut WIrawati, M.P. (Anggota) …………..............
Mengetahui,
Ketua Program Studi
Ir.Lagiman,Msi.