Bagan Mingguan

  • Pertemuan ke-1

     

                            UPN "Veteran" Yogyakarta 
                            FAKULTAS PERTANIAN
                      
                   
    RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

     

    Program Studi/Jurusan           : Agroteknologi 

    Mata Kuliah/Kode                   : Teknologi Benih / 134151382

    SKS/Semester                        :  2 (2 x 50 menit)/ V (lima)

    Mata Kuliah Prasyarat/Kode   :  -

    Dosen                                      : 1. Ir. Ami Suryawati, M.P.

                                                      2. Dr. Ir. Sumarwoto PS, M.P.

                 3. Ir. Nurngaini, M.P.

     4. Ir.Tutut WIrawati,  M.P.

     

                                                                                      

    1. I.          Deskripsi Mata Kuliah:

     

    Mata kuliah ini membahas tentang konsepsi benih, peran teknologi benih bagi petani dan pemulia tanaman,  perkecambahan, viabilitas, vigor, dan dormansi, cara memproduksi benih, sertifikasi dan pengujian benih,  deteriorasi, penyimpanan benih, invigorasi benih, serta permasalahan agribisnis benih.

     

    1. II.         Kompetensi Umum:  

     

    Mahasiswa dapat memahami tentang benih, cara memproduksi, menguji, dan menyimpan  benih  bermutu tinggi, serta cara mengatasi permasalahan dalam agribisnis benih.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    III.    Analisis Instruksional

     

                                                           

    (9)(10) Mampu melakukan sertifikasi dan pengujian benih.

     

     

     

    (6)(7) Menjelaskan cara memproduksi benih

     

     

     

    (5) Menjelaskan tentang substrata perkecambahan dan dormansi.

     

     

     

    (3)(4) Menjelaskan tentang pengertian dan faktor-faktor penting yang mempengaruhi perkecambahan, viabilitas, dan vigor .

     

     

     
    (1)(2) Menjelaskan peranan biji dalam kehidupan manusia, konsepsi benih, dan teknologi benih bagi petani dan pemulia tanaman serta menjelaskan teori kesejajaran

     

     
     
     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     


                              

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     


    IV.     Strategi Pembelajaran

    Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, digunakan strategi perkuliahan dengan  ceramah, tatap muka dan diskusi kelompok berpusat pada mahasiswa (student center learning) dengan berbagai metode pembelajaran, seperti case base learning, collaborative base learning, dan disertai dengan tugas mandiri.


    V. Rencana Pembelajaran Mingguan

    Pertemuan ke

    Kompetensi

    Bahasan atau Sub Pokok Bahasan

    Metode Pembelajaran

    Media Pembelajaran

    Metode evaluasi

    Referensi

    Soal

    Hard Skill

    Soft Skill

    1

    2

    3

    4

    5

    6

    7

    8

    9

    1.

    1. Menjelaskan peranan  biji dalam kehidupan manusia, konsepsi benih, dan teknologi benih bagi petani dan pemulia tanaman serta menjelaskan teori kesejajaran

     

     

    • Etika professional
    • Sikap positif
    • Bersemangat
    • Kemauan belajar
    • Kepercayaan pada diri sendiri
    • Motivasi

     

     

    1.Ruang lingkup (kontrak) perkuliahan

    2.Pentingnya biji dalam kehidupan, dan Konsepsi Benih

    Ceramah

    dan diskusi

    OHP,  papan tulis dan transparansi disertai dengan menunjukkan buku-buku acuan yang digunakan

    Pertanya-an lisan

    dan berdialog

    A.1 ; A 2 ;

    B.3 ; B.4 ;

    B.5.

     

    1a.Jelaskan peranan biji dalam kehidupan manusia

    1bJelaskan pengertian tentang benih, ditinjau dari  berbagai kosep dasar !  Konsep mana yang merupakan pengertian benih yang paling luas ? Jelaskan, alasannya!

     

    2.

    1. Peran teknologi benih bagi petani dan pemulia tanaman

    2. Teori kesejajaran

    Ceramah & diskusi

     

     

    OHP,  papan tu-lis dan transpa-ransi disertai de-ngan menunjuk-kan contoh-2  kongkrit materi  yang dijelaskan

    Pertanya-an lisan

    dan berdialog

    A.1 ; A.2

    B,3

     

    2a.Apa peranan teknologi benih  dalam kehidupan  pemulia tanaman (Plant Breeder) dengan  petani (Farmer). Jelaskan, disertai gambar dan kegiatan yang ada di dalamnya !

    2b.Pada Teori kesejajaran dalam matrik terdapat korelasi penting. Jelaskan antara apa dengan apa saja !

     

     

     

    3.

    2.Menjelaskan tentang pengertian dan faktor-faktor penting yang mempengaruhi perkecambahan, viabilitas, dan vigor .

     

    • Inisiatif dan kreatif
    • Kemampuan berkomunikasi lisan
    • Berargumen logis
    • Kemampuan analitis
    • Toleran dan hormat terhadap sesama
    1. Pengertian  perkecambahan
    2. Faktor-faktor penting dalam perkecambahan (Oksigen, Air, Suhu dan Cahaya)

     

    Ceramah & diskusi  metode SCL dengan Colaboratif Base Learning

    OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)

     

     

    Pertanya-an lisan dan berdialog, serta memberi tugas

    A.1 ; A.2

     

     

     

    3a.Jelaskan pentingnya oksigen dan suhu bagi perkecambahan benih.


     

    Perte-muan ke

    Kompetensi

    Bahasan atau Sub Pokok Bahasan

    Metode Pembelajaran

    Media Pembelajaran

    Metode evaluasi

    Referensi

    Soal

    Hard Skill

    Soft Skill

    1

    2

    3

    4

    5

    6

    7

    8

    9

    4.

     

     

    1. Proses  perkecambahan secara morfologis dan fisiologis

    2. Viabilitas dan vigor

    3. Faktor-faktor yang mempengaruhi viabilitas dan vigor.

    Ceramah & diskusi  metode SCL dengan Case Base Learning

     

    OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)

     

    Pertanya-an lisan dan kuis, serta persentasi tugas

     

    A.2 ; B.1

    B.3 

     

    3b.Dalam proses perkecambahan fisiologis dan morfologis, jelaskan tahapan-tahapan yang dilalui, dan sebutkan enzim-enzim yang berperanan dalam perkecambahan fisiologis ini!

    3c. Apa perbedaan vigor dan viabilitas  berikan contoh ujinya

     

     

     

    5.

    3. Menjelaskan tentang substrata perkecambahan dan dormansi.

    • Kemampuan berkomunikasi lisan
    • Kemampuan berpikir kritis dan logis
    • Kemampuan mengemukakan pendapat  
    • Toleran dan hormat terhadap sesama

    1. Macam substrata perkecambahan

    2. Dormansi (keuntungan dan kerugian) dan cara pematahan dormansi benih

    Ceramah & diskusi metode SCL dengan Case Base Learning

     

    OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)

     

     

     

     

    Pertanya-an lisan dan berdialog serta persentasi tugas

    A.1 ; A.2

    A.3

    4. Jelaskan perbedaan istilah-istilah dalam teknologi benih di bawah ini :

    a.substratum uniform dan substratum ununiform disertai contohnya

    b.dormansi fisik dan dormansi fisiologis disertai contohnya

    c.skarifikasi dan stratifikasi disertai contoh

     

    6.

    4. Menjelaskan cara memproduksi benih

    • Mampu menangani kritikan
    • Kemampuan berkomunikasi lisan
    • Kemampuan analitis dan berargumen logis
    • Kemampuan bekerja sama

    1. Arti penting Produksi benih

    Ceramah & diskusi metode SCL dengan Colaboratif Base Learning

    OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)

    Pertanya-an lisan dan berdialog, serta tugas

    A.3 ; B.3

     

    5a.Faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam memproduksi benih

    7.

     

    2. Cara memproduksi benih hibrida dan non hibrida

     

    Ceramah & diskusi metode SCL dengan Case Base Learning

     

    OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)

     

    Pertanya-an lisan, berdialog

    dan penye-rahan serta membahas tugas.

    A.3 ; B.3

     

    5b.Jelaskan perbedaan cara memproduksi benih hibrida dan non hibrida


     

    Pertemuan ke

    Kompetensi

    Bahasan atau Sub Pokok Bahasan

    Metode Pembelajaran

    Media Pembelajaran

    Metode evaluasi

    Referensi

    Soal

    Hard Skill

    Soft Skill

    1

    2

    3

    4

    5

    6

    7

    8

    9

    8.

    Ujian Tengah Semester

    • Kejujuran
    • Dapat bekerja di bawah tekanan
    • Manajemen waktu dan stress
    • Mandiri dan percaya diri

     

    Pertanyaan Tertulis

     

    Alat Tulis,

    Pertanyaan tertulis

     

     

    9.

    5.Mampu melakukan sertifikasi dan pengujian benih.

     

    • Kemampuan berkomunikasi lisan
    • Kemampuan berpikir kritis dan logis  
    • Toleran dan hormat terhadap sesama

     

    1. Arti penting Sertifikasi benih

    2. Cara dan proses sertifikasi

     

    Ceramah & diskusi metode SCL dengan Colaboratif Base Learning

    OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)

     

    Pertanya-an lisan dan berdialog

     

    A.2 ; B.1

     

    1.a.Apa yang dimaksud dengan sertifikasi benih, sebutkan tujuan dan manfaat sertifikasi benih

    10.

    3. Pengujian lapangan dan laboratorium

    Ceramah & diskusi metode SCL dengan Case Base Learning

    OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)

     

    Pertanya-an lisan dan berdialog

     

    A.2 ; A.3

     

    1b. Jelaskan pengujian lapangan dan laboratorium dalam proses sertifikasi benih.

    11.

    6.Mampu menilai kemunduran benih, dan membedakan  karakteristik dan cara penyimpanan benih

     

     

    • Inisiatif dan kreatif
    • Kemampuan berkomunikasi lisan
    • Berpikir kritis dan logis

     

    1. Kemunduran benih

     

    Ceramah & diskusi metode SCL dengan Case Base Learning

    OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)

     

    Berdialog dengan produsen benih (di lapangan)

    A.1 ; A.3

     

    2a. Jelaskan arti istilah  kemunduran benih ; apa saja perubahan biokimiawi pada benih yang mengalami kemunduran.

    12.

    2. Karakteristik benih

    3. Penyimpanan benih

     

    Ceramah & diskusi metode SCL dengan Case Base Learning

    OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)

     

    Pertanyaan lisan dan berdialog

     

     

    A.3

     

    2b.Jelaskan perbedaan benih orthodox dan rekalsitran, berikan contohnya, bagaimana cara menyimpan kedua jenis benih tersebut.


     

    Pertemuan ke

    Kompetensi

    Bahasan atau Sub Pokok Bahasan

    Metode Pembelajaran

    Media Pembelajaran

    Metode evaluasi

    Referensi

    Soal

    Hard Skill

    Soft Skill

    1

    2

    3

    4

    5

    6

    7

    8

    9

    13.

    7.Mampu melakukan cara invigorasi benih

    • Inisiatif dan kreatif
    • Kemampuan berkomunikasi lisan
    • Berargumen logis dan kemampuan analitis

    1. Arti penting Invigorasi benih

    2. Cara dan jenis invigorasi benih

     

    Ceramah & diskusi metode SCL dengan Case Base Learning

    OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)

    Aktivitas dan mutu dalam berdiskusi

    A.1

    3.Apa yang dimaksud dengan invigorasi benih, uraikan secara singkat jenis invigorasi yang anda ketahui.

    14.

     

    8.Mampu menjelaskan  dan mengatasi permasalahan agribisnis benih.

    • Kemampuan berkomunikasi lisan
    • Kemampuan berpikir kritis dan logis   
    • Toleran dan hormat terhadap sesama

    1. Masalah dalam bisnis perbenihan

     

     

    Ceramah & diskusi metode SCL dengan Colaborative Base Learning

    OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)

     

    Aktivitas dan mutu dalam berdiskusi

    B.3

    4.Sebutkan permasalahan yang sering dialami para produsen benih padi, bagaimana cara mengatasinya.

    15.

    1.Cara dan kiat mengatasi permasalahan agribisnis benih

    Ceramah & diskusi metode SCL dengan Case Base Learning

    OHP dengan transparansi atau Power point (LCD)

     

    Aktivitas dan mutu dalam berdiskusi

    Jurnal (”tentatif”)

     

    16.

    UJIAN AKHIR SEMESTER

    • Kejujuran
    • Dapat bekerja di bawah tekanan
    • Mandiri dan percaya diri
    • Manajemen waktu dan stress

     

    Pertanyaan Tertulis

    Alat Tulis, kalkulator

    Pertanya-an tertulis

     

     


    VI.     Sumber Referensi

     

    1. A.     Pustaka Wajib :

     

    1. Copeland, L.O. and Miller, B.M. 1995. Seed Science and Technology. 3 ed. Chappman and Hall, Dept. B.C, 115 Avenue, New York. NY 10003.
    2. Kamil, J. 1982. Teknologi Benih 1. Angkasa Bandung. Bandung.
    3. Sutopo, L. 1993. Teknologi Benih. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
    4. B.     Pustaka Anjuran :

     

    1. Kuswanto H. 1996. Dasar-dasar Teknologi, Produksi dan Sertifikasi Benih. Andi offset, Yogyakarta.
    2. M.Q. Wahyu dan A. Setiawan. 1991. Produksi Benih. Bumi Aksara Jakarta
    3. Sadjad, S. 1993. Dari Benih untuk Benih. Grasindo, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.
    4. Sudikno, T.S. 1977. Teknologi Benih. Yayasan Pembina Fakultas Pertanian UGM. Yogyakarta.
    5. __________.  Peranan biji dalam kehidupan dahulu, sekarang dan masa mendatang, Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Ilmu Budidaya Pertanian Fakultas pertanian, UGM, Yogyakarta.

     

    VII.   Penilaian

     

    Evaluasi hasil pembelajaran dilakukan dengan cara menjumlahkan skor (total skor) dikalikan dengan bobot masing-masing, dengan menggunakan modifikasi pedoman penilaian acuan normal (PAN) dan pedoman acuan patokan (PAP).

    Komponen unsur yang dinilai, cara, skoring dan prosentase penyebarannya adalah sebagai berikut :

    Unsur

    Cara

    Bobot

    Skor maksimal

    Prosen-tase

    Pengetahuan/Pemahaman/Kreativitas

    Kuis & Tugas

    0,30

    100

    30%

    Ujian Tengah Semester

    0,35

    100

    35%

    Ujian Akhir Semester

    0,35

    100

    35%

    Kreativitas dan pemahaman

    Menyampaikan pendapat terhadap persoalan yang diberikan di kelas

      Bonus

     

    Ditambah-kan pada nilai akhir

    Kedisiplinan dan kejujuran

    Keterlambatan  dalam kehadiran di kelas

    Kecurangan dalam me-ngerjakan tugas, tes dan/atau ujian

    Penalti

     

    Dikurang-kan dari nilai akhir

    Catatan : komponen UTS dan UAS harus ada    

     

    Pedoman penilaian dengan menggunakan Penilaian Acuan Patokan (PAP)

    A

    81 - 100

    B+

    76 - 80

    B

    66 - 75

    C+

    61 - 65

    C

    51 - 60

    D

    31 - 50

    E

    ≤ 30

     

            1. Ir. Ami Suryawati, M.P.         (Ketua Tim Teaching)   …………..............

          2. Dr. Ir. Sumarwoto PS, M.P.   (Anggota)                       …………..............

          3. Ir. Nurngaini, M.P.                  (Anggota)                      …………..............

          4. Ir.Tutut WIrawati,  M.P.          (Anggota)                      …………..............

     

     

                                                                                                                                                           

    Mengetahui,

    Ketua Program Studi

     

                                                      Ir.Lagiman,Msi. 

                                                             

     

  • Pertemuan ke-2

  • 9 December - 15 December

  • 16 December - 22 December

  • 23 December - 29 December

  • 30 December - 5 January

  • 6 January - 12 January

  • 13 January - 19 January

  • 20 January - 26 January

  • 27 January - 2 February

  • 3 February - 9 February

  • 10 February - 16 February

  • 17 February - 23 February

  • 24 February - 1 March

Abaikan Cari forum

Cari forum

Cari
Pencarian LanjutanBantuan dengan Cari
Abaikan Berita terbaru

Berita terbaru

(No news has been posted yet)
Abaikan Upcoming events

Upcoming events

Tidak ada agenda mendatang
Abaikan Aktifitas lalu

Aktifitas lalu

Aktivitas sejak Saturday, 18 May 2024, 07:00

Tidak ada yang baru sejak Anda terakhir login

Abaikan Navigasi

Navigasi

    • Kursus

      • FAKULTAS PERTANIAN

        • Prodi Agroteknologi

          • Semester V

            • Tek.Benih

              • Peserta

Online: 0 Messages: 0
Anda sedang menggunakan akses tamu (Login)