Pokok Topik Kursus

  • Mata Kuliah ini mempelajari tentang bagai-mana cara menyimpan data di komputer agar bisa dipakai secara efisien. Cara penyimpanan data tersebut di dalam komputer dikenal dengan struktur data. Materi yang dipelajari antara lain meliputi pengertian tentang data, tipe data, struktur data standar, tumpukan (stack), antrian (queue), senarai berkait (linked list), graph, struktur pohon dan pohon telusur biner (Binary Search Tree). 
  • Topik 1

    Data adalah representasi dari fakta dunia nyata. Fakta atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam atau direpresentasikan dalam bentuk angka, karakter, gambar, suara, atau simbol yang dapat digunakan untuk dijadikan informasi. Data juga sering didefinisikan sebagai informasi yang belum terolah.

  • Topik 2

    Koleksi dari obyek-obyek homogen dengan sifat setiap elemen, kecuali

    yang terakhir pasti memiliki penerus dan setiap elemen, kecuali yang   pertama pasti memiliki pendahulu.

  • Topik 3

    Linked list berkepala dan berekor (headed and tail)adalah Linked list yang ditambahkan dua node ”dummy” masing-masing kepala dan ekor tetapi secara logik tidak termasuk anggota linked list.
  • Topik 4

    Linked List melingkar (circular) adalah linked list linier biasa dimana pointer pada node terakhir diarahkan kembali ke node pertama. Jika menggunakan node kepala, maka dinamakan linked list melingkar berkepala (headed circular). Dalam hal ini node terakhir diarahkan kembali ke node kepala.
  • Topik 5

    Linked list ganda (doubly linked list) adalah linked list yang setiap simpul-nya (node) memiliki dua buah pointer, masing-masing berada di sebelah kiri menunjuk ke node sebelumnya dan yang berada di kanan menunjuk ke node setelahnya. Hal tersebut akan memudahkan pembacaan isi list karena bisa dilakukan dari arah kiri maupun dari arah kanan tanpa harus membalik arah pointer.
  • Topik 6

    Node-node dalam linked list secara skematis bisa digambar secara berurutan, tetapi dalam memory sebenarnya node-node tersebut tidaklah harus disimpan secara berurutan pula.
  • Topik 7

    Stack atau tumpukan didefinisikan sebagai kumpulan dari obyek-obyek yang homogen dengan operasi penambahan dan pengambilan elemen melalui satu tempat yaitu posisi paling atas yang disebut dengan Top.   Hal ini membuat pemrosesan data mengikuti prinsip LIFO (Last In First Out), yaitu data yang terakhir masuk akan menjadi yang pertama keluar.
  • Topik 8

    Queue atau antrian didefinisikan sebagai kumpulan dari obyek-obyek yang homogen dengan operasi penambahan elemen (Enqueue) dan pengambilan elemen (Dequeue) melalui dua tempat yang berbeda yaitu belakang dan depan, dengan demikian pemrosesan data mengikuti prinsip FIFO (First In First Out), yaitu data yang pertama masuk akan menjadi yang pertama keluar.
  • Topik 9

    Graph didefinisikan sebagai pasangan himpunan titik-titik simpul (V) dan himpunan garis atau busur (E) dinyatakan dalam bentuk G=(V,E) dimana V tidak boleh kosong dan garis menghubungkan dua buah titik simpul.
  • Topik 10

    Pohon (Tree) merupakan graph terhubung tidak berarah dan tidak mengandung circuit.
Abaikan Cari forum

Cari forum

Cari
Pencarian LanjutanBantuan dengan Cari
Abaikan Berita terbaru

Berita terbaru

(No news has been posted yet)
Abaikan Upcoming events

Upcoming events

Tidak ada agenda mendatang
Abaikan Aktifitas lalu

Aktifitas lalu

Aktivitas sejak Wednesday, 27 March 2024, 07:00

Tidak ada yang baru sejak Anda terakhir login

Abaikan Navigasi

Navigasi

    • Kursus

      • FAKULTAS TEKNIK INDUSTRI

        • Prodi Teknik Informatika

Online: 0 Messages: 0
Anda sedang menggunakan akses tamu (Login)